Tentang DPM

DPM FILKOM adalah badan perwakilan legislatif mahasiswa yang memiliki tugas untuk mengemban kedaulatan dan memberikan kebijakan yang memcerminkan keinginan mahasiswa FILKOM. Dengan kata lain DPM FILKOM merupakan wakil mahasiswa yang akan mendengar seluruh keluhan mahasiswa serta aktif dalam meluangkan pemikiran untuk menyusun suatu kebijakan yang akan diberlakukan dalam lingkungan mahasiswa.

Disamping itu, badan legislatif mahasiswa juga dituntut untuk aktif mengawasi pelaksanaan dan mengevaluasi dari praktik – praktik penyelenggaraan sistem tersebut. Praktik – praktik penyelenggaraan dapat berupa kebijakan – kebijakan atau proses yang terjadi di dalam sistem tersebut. Hal ini bertujuan agar terjadi kontrol dan keseimbangan ( check and balances ) sehingga menghindarkan penumpukan kekuasaan yang berdampak pada absolutisme.

DPM FILKOM merupakan wakil –  wakil mahasiswa yang dipilih langsung oleh mahasiswa melalui pemilihan umum “PEMILWA FILKOM” dengan mekanisme yang telah di tetapkan. DPM FILKOM terdiri dari 9 anggota yang berasal dari 5 prodi yang berbeda yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi dan Pendidikan Teknologi Informasi serta Teknologi Informasi.

Keanggotaan DPM dibagi menjadi fungsional dan struktural, untuk fungsionalnya, 9 Anggota DPM dibagi tugas dalam 3 Komisi, yaitu Komisi I : Hukum, Komisi II : Aspirasi dan Komisi III : Eksternal, sedangkan untuk struktural, Anggota DPM ada yang merangkap jabatan struktural sebagai Koordinator, Sekretaris Jenderal, Sekretaris, Bendahara dan Evaluator.